Himbauan dan Doa Yang Kedua.
 
Walaupun anda secara tidak adil telah mengabaikan imbauan tertulis dari Tuhan yang telah diletakkan di dalam tanganmu pada rapat General Conferance dalam tahun 1930 dan dengan keras kepala telah mengalihkan matamu dan langkah-langkahmu keluar dari terang tambahan “Pekabaran-Pekabaran Tiga Malaikat” itu, bahkan lebih tidak adil lagi anda menyiarkan (sebelum pertemuan dengan kami oleh “komite penyelidik Conferance,” pada tanggal 19 Februari 1934 di Los Angeles, California) di seluruh gereja laporan palsu itu bahwa anda telah melakukan penyelidikan bersama-sama kami. Tetapi meskipun adanya pemberitaan yang salah ini, Allah masih mencintai anda dan kami pun masih mencintai anda maka Ia hendak memaafkan anda dan tidak ada perkara apapun yang akan dituduhkan kepada anda jika anda mau memohon dengan benar-benar bertobat kepadaNya.

(Sebelum edisi pertama dari buku traktat ini dikeluarkan, mereka belum sama sekali mengadakan dengar pendapat dengan kami. Tetapi semenjak itu kemudian mereka telah melakukannya. Namun bahwa peristiwa dengar pendapat itu justru lebih buruk daripada lebih baik tidak dilaksanakan sama sekali, dan ini terlihat dari laporan kami yang jujur di dalam buku traktat no. 7, Menghitung Bukti- Bukti Pada Kedua Belah Pihak Sebelum Membela Ataupun Menentang).

Karena semua perkataan saya pada umumnya telah diputar balikkan, dan karena ternyata hanya membawakan sedikit saja pengaruhnya terhadap sebagian orang, maka sebab itu doaku akan diambil dari Kitab Suci, dan imbauanku dari Roh Nubuatan. Sesungguhnya, Saudara-Saudariku anda akan mau mematuhi semua firman Allah yang berbunyi :

“Tuhan, aku mencintai penghuni rumahMu, dan tempat di mana kehormatanMu berada.” Mazmur 26 : 8. Dan ”...................semangat kegiatan rumahMu itu, telah membakar aku; dan segala celaan mereka itu yang menista Dikau adalah menimpa aku.” ”Itu bukanlah musuh yang mencela aku ; .....................melainkan itu adalah .............. seseorang yang seperti aku juga, yaitu pemimpinku, ................ kami .............berjalan masuk ke dalam rumah Allah bersama-sama.” Mazmur 69 : 9, 55 : 12, 13, 14. (Terjemahan yang lebih tepat). Sebab itu, ”selamatkanlah kami, ya Allah penyelamat kami dan himpunkanlah kami bersama-sama, dan lepaskanlah kami dari pada orang-orang kapir itu, supaya dapat kami menaikkan syukur kepada namaMu yang suci, dan kemuliaan dalam kepujianMu.” 1 Tawarikh 16 : 35.

”Datanglah sekarang, dan marilah kita memikirkan bersama-sama, demikianlah firman Tuhan. Jikalau segala dosamu adalah seperti warna kirmizi sekalipun, sekaliannya itu akan menjadi putih seperti salju; jikalau sekaliannya itu merah padma sekalipun, semuanya akan menjadi seperti bulu domba.” Yesaya 1 : 18. ”Gosokkanlah matamu dengan slap mata, supaya engkau dapat melihat.” Wahyu 3 : 18.

Saudara-Saudaraku, semua sikapmu terhadap terang yang gilang gemilang itu yang kini menyinari ”Pekabaran-Pekabaran Tiga Malaikat,” adalah tak lain menggenapi nubuatan yang berbunyi : ”Oleh sebab katamu: Aku kaya, dan telah bertambah segala kekayaanku, sehingga tidak memerlukan apa-apa lagi,” ---- kebenaran ataupun nabi-nabi, ---- engkau menolak untuk diberi perhatian kepada penyelidikan terhadap seruan Malaikat itu yang kemuliaannya akan ”menerangi bumi.”

”Terang yang akan menerangi bumi dengan kemuliaannya itu akan disebut sebagai terang palsu oleh orang-orang yang menolak berjalan di dalam kemuliaannya yang berkembang.” ---- Review and Herald, May 27, 1890.

”Nabi itu menyatakan : ’Dan sesudah segala perkara ini aku tampak seorang malaikat turun dari langit yang berkuasa besar; maka bumi diterangi dengan kemuliaannya.’ Terang, kemuliaan, dan kuasa akan digabungkan dengan pekabaran malaikat yang ketiga dan pengakuan akan menyusul di mana-mana pekabaran itu diberitakan dalam mendemonstrasikan Roh itu. Bagaimanakah setiap saudara-saudara kita dapat mengetahui apabila terang itu kelak mendatangi umat Allah?” ---- Review and Herald, April 1, 1890.

Anda cukup mengetahui bahwa Kebenaran dalam mana kita telah sangat bergembira semenjak tahun 1844 yang lalu, telah datang melalui hamba pilihan Allah yang tulisan-tulisannya kita sebut ”Roh Nubuat”. Suara itulah yang sekarang sedang berbicara kepadamu, kembali, dalam imbauan yang sangat mendesak ini katanya :

”Janganlah seorangpun mengambil kesimpulan bahwa tidak ada lagi kebenaran baru yang akan diungkapkan.” ---- Testimonies on Sabbath School Work, p. 53. Tidak seorangpun dibenarkan untuk berpikir ”bahwa seluruh kebenaran sudah diungkapkan, dan bahwa Dia Yang Tak Terhingga itu tidak lagi memiliki terang apa pun bagi umatNya.” ---- Id., p. 60.

”Philipus mendatangi Nathanael, lalu mengatakan kepadanya, Kami telah menemukan Dia, dari hal siapa Musa di dalam hukum taurat, dan para nabi telah menulis, yaitu Yesus dari Nazaret, Putra Yusuf itu. Maka kata Nathanael kepadanya : ’Dapatkah mungkin sesuatu yang baik keluar dari Nazaret?’ Keragu-raguan dan ketidak percayaan telah muncul keluar dari dalam hati Nathanael, tetapi Philipus tidak mencoba untuk memperdebatkannya. Ia hanya mengatakan : ’Marilah dan lihat.” ---- Testimonies on Sabbath School Work, p. 63.

“ ………………………jika sesuatu pekabaran datang yang tidak kamu mengerti, maka berusahalah agar supaya kamu dapat mendengarkan semua alasan yang dapat diberikan oleh juru kabarnya, ……..karena kedudukanmu tidak akan goyah oleh datang berhubungan dengan kesalahan. Tidak ada satupun kebaikan atau kejantanan dalam meneruskan suatu peperangan yang berlanjutan dalam kegelapan, dengan menutup matamu supaya tidak kamu melihat dengan menutup telingamu supaya tidak engkau mendengar, dengan mengeraskan hatimu dalam kelalaian dan ketidak percayaan supaya tidak wajib engkau merendahkan dirimu dan mengakui bahwa engkau telah menerima terang terhadap beberapa masalah kebenaran.

“Menjauhkan dirimu daripada menyelidiki kebenaran adalah bukan caranya untuk melaksanakan anjuran Juruselamat untuk ‘menyelidiki Kitab Suci.’ Apakah menggali mencarikan harta-harta perbendaharaan yang tersembunyi itu untuk menyebutkan hasil-hasil usaha seseorang sebagai suatu tumpukan sampah, lalu tidak lagi melakukan pemeriksaan yang teliti untuk melihat kalau-kalau ada terdapat mutiara-mutiara kebenaran yang mahal di dalam kumpulan pemikiran yang kau persalahkan itu? ……….. Demikianlah yang diperbuat orang-orang Yahudi di zaman Kristus, maka kepada kita diamarkan supaya tidak berbuat seperti mereka, lalu dipimpin memilih kegelapan gantinya memilih terang. ……………….. Tidak seorangpun dari mereka yang menyangka bahwa mereka mengetahui semuanya itu adalah telalu tua atau terlalu pintar untuk belajar dari utusan-utusan sederhana dari Allah yang hidup itu.” ---- Testimonies on Sabbath School Work, pp. 65, 66.

“Terang yang mahal akan bercahaya dari Firman Allah, maka janganlah seseorangpun berfikir untuk mendiktekan apa yang boleh atau apa yang tidak boleh di bawakan ke hadapan umat dalam pekabaran-pekabaran penerangan yang akan Ia kirimkan, sehingga dengan demikian memadamkan Roh Allah. Apapun juga kedudukan kekuasaannya, tidak seorangpun berhak untuk menghalangi terang dari umat. Bilamana sesuatu pekabaran datang dalam nama Tuhan kepada umatNya, maka tak seorangpun dapat memaafkan dirinya untuk tidak menyelidiki segala tuntutan daripada pekabaran itu. Tidak seorangpun boleh berdiri dengan sikap acuh tak acuh dan percaya diri sendiri, lalu mengatakan : ‘Aku tahu apa artinya kebenaran. Aku sudah puas dengan kedudukanku. Aku sudah berketetapan hati, maka aku tidak mau bergerak dari kedudukanku apapun yang mungkin terjadi. Aku tidak mau dengar kepada pekabaran dari utusan ini ; karena aku tahu bhwa ia itu tidak mungkin kebenaran.’ Adalah karena menuruti cara yang satu ini maka gereja-gereja yang terkenal itu telah ketinggalan dalam sebagian kegelapan, dan itulah sebabnya mengapa pekabaran-pekabaran dari surga tidak berhasil mencapai mereka.” -- Testimonies on Sabbath School Work, p. 65.

Saudara-saudaraku, maaf apakah yang dapat anda peroleh jika anda menolak mendengarkan juga imbauan ini? Mungkin ia itu akan mengukuhkan kepintaranmu dan menyelamatkan jiwamu jika sekiranya anda mendapatkan diri anda pada pihak yang salah? Jika sekiranya demikian itu, maka tentu anda perlu memanfaatkannya. Tetapi jika tidak, maka hendaklah anda segera pindah ke pihak yang benar, walaupun ia merendahkan anda sampai ke tanah untuk datang kepada Terang. Kiranya jangan lagi anda mengatakan : ”Ia telah mengeluarkan tulisan-tulisan Testimonies itu daripada penempatannya.” Mudah-mudahan anda mau berhenti daripada usaha menghalangi jalan pekabaran itu mencapai umat, sebab telah diperingatkan kepada anda : ”Janganlah seorangpun berpikir untuk mendiktekan apa yang boleh atau apa yang tidak boleh dibawakan ke hadapan umat dalam pekabaran-pekabaran penerangan yang akan Ia kirimkan, sehingga dengan demikian itu memadamkan Roh Allah.” Allah melarangnya!
 
 
 
 
****







 



 
Copyright © 2011 Tongkat-Gembala.org - All rights reserved.