Perjalanan Yakub pulang ke rumah
<< Go Back


PERJALANAN YAKUB PULANG KE RUMAH

 

Sesudah dua puluh tahun melaksanakan dengan setia pekerjaan yang keras dan melampaui batas dari Laban pamannya itu di Padan-Aram, maka pada akhirnya Yakub berbalik belakang lalu melangkah pulang menuju ke rumah bapanya di tanah perjanjian.

Namun kekacauan menghinggapi dirinya. Sementara bergumul dengan ketakutan terhadap apa yang akan jadi terhadap dirinya setelah ia bertemu dengan Esau, maka “telah bergulat dengan seorang laki-laki sampai kepada fajar pagi.” Kejadian 32: 24.

Di sinilah rebah laki-laki yang bernama Yakub itu dan bangkitlah laki-laki yang bernama Israel, yang memberi contoh pengalaman penderitaan yang harus dilalui oleh keturunannya sebelum mereka juga menerima suatu nama baru, yang beralih dari anak-anak Yakub menjadi anak-anak Allah, menjadi Israel yang sesungguhnya. Setelah mencapai kemenangan atas tes ujian ini, yaitu “masa kesukaran Yakub itu,” maka mereka akan sampai ke rumah, tanah perjanjian itu — yaitu kebahagiaan yang terakhir dari perjalanan mereka yang jauh dan sulit itu.

Mengenai masa cobaan dan ujian ini Roh Nubuatan mengomentarinya sebagai berikut: “Suatu keputusan Pemerintah dikeluarkan untuk membunuh semua umat kesucian, yang membuat mereka menangis siang dan malam memohon kelepasan. Inilah masa kesukaran Yakub itu.“ — Early Writings, pp. 36, 37. (Baca juga Patriarchs and Prophets, pp. 202, 203).

Kini, setelah pemberhentian Yakub dari perhambaannya di Padan Aram itu berakhir dengan kembalinya dia ke rumah, maka contoh itu berlanjut dengan —

 124 total,  1 views today

 

<< Go Back

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart